Apabila kita membicarakan mengenai SEO, hal ini tentu saja tidak terlepas dari dunia Internet terutama dalam segi media bisnisnya. Dimana pengertian SEO atau kepanjangan dari kata Search Engine Optimization dan jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia maka menjadi Optimisasi Mesin Pencari ini telah menjadi suatu kebutuhan mutlak bagi pebisnis yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya via Jaringan Internet.
SEO untuk pertama kali di perkenalkan pada era tahun 90-an, yang mana pada waktu itu algoritma dari mesin pencari tersebut belumlah terlalu kompleks dan cenderung dapat di manipulasi. Penggunaan SEO masih tergantung pada penyedian webmaster via meta tag yang bersumber dari kode HTML di website masing-masing.
Seperti kita ketahui bahwa meta tag adalah sebagai penyedia informasi mengenai seluruh konten-konten yang terkandung dalam suatu laman situs web yang biasanya di sertai pula dengan serangkain kata kunci (keyword). Dengan demikian sebagian besar para webmaster tersebut menarik keuntungan dari memanipulasi dengan cara menuliskan keyword yang tidak selaras dengan konten laman situs yang sesungguhnya.
Pada akhirnya tentu saja mesin pencari akan menjadi salah untuk menempatkan atau memberikan suatu peringkat kepada laman situs tersebut. Dan alhasil tindakan tersebut telah menjadikan hasil pencarian yang tidak akurat lagi serta membawa dampak kerugian bagi mesin pencari itu sendiri maupun bagi pengguna Internet yang mengharapkan mendapatkan informasi-informasi yang berkualitas !
SEO untuk pertama kali di perkenalkan pada era tahun 90-an, yang mana pada waktu itu algoritma dari mesin pencari tersebut belumlah terlalu kompleks dan cenderung dapat di manipulasi. Penggunaan SEO masih tergantung pada penyedian webmaster via meta tag yang bersumber dari kode HTML di website masing-masing.
Seperti kita ketahui bahwa meta tag adalah sebagai penyedia informasi mengenai seluruh konten-konten yang terkandung dalam suatu laman situs web yang biasanya di sertai pula dengan serangkain kata kunci (keyword). Dengan demikian sebagian besar para webmaster tersebut menarik keuntungan dari memanipulasi dengan cara menuliskan keyword yang tidak selaras dengan konten laman situs yang sesungguhnya.
Pada akhirnya tentu saja mesin pencari akan menjadi salah untuk menempatkan atau memberikan suatu peringkat kepada laman situs tersebut. Dan alhasil tindakan tersebut telah menjadikan hasil pencarian yang tidak akurat lagi serta membawa dampak kerugian bagi mesin pencari itu sendiri maupun bagi pengguna Internet yang mengharapkan mendapatkan informasi-informasi yang berkualitas !
Seiring dengan berjalannya waktu, muncul dua orang mahasiswa Universitas Stanford yang bernama Larry Page dan Sergey Brin menfokuskan waktu mereka guna mengatasi masalah (BUG) yang terdapat pada SEO tersebut. Awalnya mereka hanya membangun sebuah mesin pencari yang sederhana dan di beri nama Backrub yang cuma bergantung pada hitungan matematika untuk memberi peringkat pada suatu laman situs web.
Lalu algoritmanya sendiri mengalami perkembangan yang cukup signifikan, sehingga mereka menamakannya dengan Pagerank yang sejumlah fungsi matematikanya sedemikian kompleks, di kombinasikan antara perhitungan banyaknya tautan yang menuju pada suatu laman situs web dengan mutu dan kualitas masing-masing tautan tersebut. Semakin tinggi suatu laman situs mendapat tautan dari laman situs lain maka akan semakin tinggi pula nilai Pageranknya.
Dan di tahun 1998, kedua konco lawas tersebut memulai mengibarkan bendera mereka yang selama ini kita kenal dengan Google Search Engine yang notabene adalah lanjutan dari proyek mereka Backrub. Dalam hitungan yang singkat bendera Google mampu menarik kepercayaan para pengguna nya serta reputasi yang terbilang gemilang lantaran sukses dalam memberikan suatu mesin pencari yang ber-kualitas, cepat dan relevan. Pagerank yang dikenalkan mereka ke publik tersebut akhirnya menjadi standarisasi baik itu buat mesin pencari lain ataupun bagi para webmaster yang senantiasa berusaha supaya laman situs webnya mendapat Pagerank setinggi mungkin sehinga bisa menempati posisi paling tinggi pada laman pencarian Situs Google.
Dengan demikian, jika kita kaitkan dalam media bisnis Internet, tentulah optimasi SEO terhadap laman situs mereka adalah hal mutlak dan merupakan satu-satunya jawaban bila ingin mengembangkan atau memperluas suatu usaha/produk agar dapat di kenal, maka posisi laman situs pada mesin pencari Google harusnya berada pada posisi yang lebih tinggi dari laman-laman situs saingan bisnis lainnya. Bila posisi laman situs pada mesin pencari Google berada pada posisi halaman yang terlalu jauh, maka dapat di pastikan bahwa informasi mengenai usaha/produk tersebut tidak akan sampai kepada tujuannya.
Jadi intinya Pemanfaatan SEO Bagi Media Bisnis Internet ini adalah sudah mutlak dan harus di lakukan bagi seseorang yang berkecimpung dalam dunia media bisnis Internetan.
Lalu algoritmanya sendiri mengalami perkembangan yang cukup signifikan, sehingga mereka menamakannya dengan Pagerank yang sejumlah fungsi matematikanya sedemikian kompleks, di kombinasikan antara perhitungan banyaknya tautan yang menuju pada suatu laman situs web dengan mutu dan kualitas masing-masing tautan tersebut. Semakin tinggi suatu laman situs mendapat tautan dari laman situs lain maka akan semakin tinggi pula nilai Pageranknya.
Dan di tahun 1998, kedua konco lawas tersebut memulai mengibarkan bendera mereka yang selama ini kita kenal dengan Google Search Engine yang notabene adalah lanjutan dari proyek mereka Backrub. Dalam hitungan yang singkat bendera Google mampu menarik kepercayaan para pengguna nya serta reputasi yang terbilang gemilang lantaran sukses dalam memberikan suatu mesin pencari yang ber-kualitas, cepat dan relevan. Pagerank yang dikenalkan mereka ke publik tersebut akhirnya menjadi standarisasi baik itu buat mesin pencari lain ataupun bagi para webmaster yang senantiasa berusaha supaya laman situs webnya mendapat Pagerank setinggi mungkin sehinga bisa menempati posisi paling tinggi pada laman pencarian Situs Google.
Dengan demikian, jika kita kaitkan dalam media bisnis Internet, tentulah optimasi SEO terhadap laman situs mereka adalah hal mutlak dan merupakan satu-satunya jawaban bila ingin mengembangkan atau memperluas suatu usaha/produk agar dapat di kenal, maka posisi laman situs pada mesin pencari Google harusnya berada pada posisi yang lebih tinggi dari laman-laman situs saingan bisnis lainnya. Bila posisi laman situs pada mesin pencari Google berada pada posisi halaman yang terlalu jauh, maka dapat di pastikan bahwa informasi mengenai usaha/produk tersebut tidak akan sampai kepada tujuannya.
Jadi intinya Pemanfaatan SEO Bagi Media Bisnis Internet ini adalah sudah mutlak dan harus di lakukan bagi seseorang yang berkecimpung dalam dunia media bisnis Internetan.
--
|◄ Best Regards ►|
|◄ Best Regards ►|
0 comments